Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WNA Jepang Tewas Usai Main Flying Fish,Ketua Gahawisri Bali Katakan Permainan Itu Sudah Dilarang

WNA Jepang Tewas Usai Main Flying Fish,Ketua Gahawisri Bali Katakan Permainan Itu Sudah Dilarang

VR NEWS
 --Wisatawan mancanegara (wisman) asal Jepang, yang meninggal dunia karena terjatuh dari wahana perahu karet di Benoa, Bali beberapa waktu lalu.

WNA Jepang tersebut terlempar dari ketinggian 3 meter, setelah perahu karet yang ditumpanginya dengan anaknya terlipat diterpa angin kencang.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Gabungan Pengusaha Wisata Bahari Indonesia (Gahawisri) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana mengungkapkan, sebetulnya travel agent Jepang resmi sudah tidak lagi menjual paket dengan wisata wahana Flying Fish lantaran dinilai terlalu membahayakan dan beresiko terjadi kecelakaan.

Namun diduga, wisman Jepang yang bersangkutan memesan wahana tersebut secara mandiri atau personal booking.

Kalau lewat travel agent Jepang, sudah tidak menjual (paket wahana) Flying Fish. Ke depannya, kita lagi koordinasi, kita akan seleksi jenis-jenis optional atraksi yang membahayakan yang dapat merusak citra pariwisata Bali. Kita akan delete. Tapi kita masih koordinasi internal, jelasnya pada, Senin 21 Agustus 2023.

Gus Agung juga menambahkan Flying Fish merupakan wahana layaknya adventure, yang diperuntukkan bagi orang di bawah usia 30/40 tahun.

Begitu pun anak-anak muda diakuinya menyukai wahana ini. Tetapi wahana ini sangat tidak dianjurkan bagi orang berusia 60 tahun ke atas.

Wisman ini yang meninggal dunia ini kan sudah umur 60-an ya. Jadi lebih baik, saya sudah mengusulkan pada teman-teman yang (punya usaha) watersport, Flying Fish itu kita tiadakan saja sementara biar tidak terjadi insiden-insiden lagi, tambah, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Bali Tourism Board (BTB) ini.

Disinggung apakah kasus ini merupakan kali pertama, Gus Agung mengaku dulu pernah terjadi kecelakaan seperti ini.

Namun sebetulnya, diungkapnya, cukup jarang terjadi. Maka dari itu pihaknya menyarankan, hal-hal yang membayakan atau yang berpotensi merusak citra pariwisata Bali lebih baik dihilangkan.

Terkait penyedia watersport, kata dia, berdasarkan laporan yang diterimanya, wahana dijalankan sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dibuat bersama dengan internasional. Kita tidak bisa memberikan sanksi, mungkin kedepannya kita evaluasi atraksi-atraksi membahayakan seperti itu, imbuhnya.

Selain wahana Flying Fish, ada sejumlah wahana yang dikatakannya beresiko seperti banana boat single dan jetsky. Namun keduanya telah dievaluasi.

Dulu kan jetsky tanpa guide, sekarang sudah pakai guide. Semenjak itu sudah tidak ada masalah lagi. Banana boat sekarang juga sudah double, jadi seimbang dia, bebernya.

Terkait penyebab, Gus Agung menerima laporan, bahwa kejadian naas tersebut murni karena gangguan alam. Posisi waktu itu, jelasnya, ada angin kencang yang tiba-tiba datang.

Jadi memang angin ya, angin kencang tiba-tiba datang, awalnya tidak keras, tiba-tiba anginnya keras, sehingga Flying Fish-nya itu terlipat akhirnya tamu terjatuh ke laut. Jadi sementara laporannya karena alam. Ini memang tidak bisa dihindari, katanya menyayangkan.


Sumber:

Posting Komentar untuk "WNA Jepang Tewas Usai Main Flying Fish,Ketua Gahawisri Bali Katakan Permainan Itu Sudah Dilarang"