Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menelisik Fakta Menarik Taman Nasional Ujung Kulon

Menelisik Fakta Menarik Taman Nasional Ujung Kulon


VR NEWS - Sebagian besar masyarakat di Pulau Jawa, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Taman nasional ini berada di Semenanjung Ujung Kulon, bagian paling barat Pulau Jawa.

Pada awalnya, Taman Nasional Ujung Kulon ini meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil. Seperti Pulau Handeuleum, Peucang dan Panaitan. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 122.956 hektar.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan Sebuah tempat wisata bersejarah yang memiliki pemandangan nan indah dan juga berbagai macam Flora dan Fauna yang menarik juga beragam. Beberapa flora dan fauna yang ada di taman nasional ini tinggal di hutan lindung yang luas.

Kawasan taman nasional ini, wajib Anda kunjungi karena memiliki beberapa tempat yang menarik. Seperti, pulau, sungai, hutan lindung dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat beberapa fakta menarik dari Taman nasional Ujung Kulon ini. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Fakta Menarik Taman Nasional Ujung Kulon

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta menari Taman Nasional Ujung Kulon yang wajib Anda ketahui.

1. Menjadi Situs Warisan Alam Dunia yang Diakui UNESCO

Kawasan ini pertama dijelajahi oleh Fraz Wilhelm Junghuhn asal Jerman, yang merupakan seorang ahli tumbuhan (Botani), pada tahun 1846. Penjelajahan Franz di Ujung Kulon, kemudian dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah, beberapa tahun setelahnya.

Sejak saat itu, kanekaragaman flora dan fauna yang ada di Ujung Kulon mulai diketahui oleh para peneliti dunia. Pada tahun 1883, terjadi letusan Gunung Krakatau yang dahsyat dan menggemparkan dunia.

Letusan Gunung Krakatau tersebut juga, menimpa vegetasi dan hewan liar yang ada di Ujung Kulon. Hal tersebut yang membuat Ujung Kulon semakin dikenal oleh dunia. Setelah beberapa tahun dari kejadian tersebut, ekosistem di Ujung Kulon mulai berangsur-angsur pulih.

Melihat hal tersebut, pada tahun 1921 Pemerintah Hindia Belanda menetapkan Ujung Kulon sebagai Kawasan Suaka Alam. Pada tanggal 1 Februari 1992, UNESCO menetapkan Ujung Kulon sebagai Natural World Heritage Site (Situs Warisan Alam Dunia).

Hal tersebut ditindak lanjuti oleh Pemerintah Indonesia dengan menetapkan Ujung Kulon menjadi Taman Nasional pada tanggal 26 Februari 1992.

2. Menjadi Kawasan Konservasi Badak Bercula Satu

Badak bercula satu merupakan salah satu hewan asli Indonesia. Bahkan hewan dengan nama latin Rhinoceros Sondaicus ini, hanya bisa ditemukan di pulau Jawa, tepatnya di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Hal tersebut yang membuat Taman Nasional Ujung Kulon menjadi kawasan konservasi badak bercula satu. Untuk mengujungi ke kawasan konservasi badak bercula satu di Taman Nasional Ujung Kulon, harus didampingi oleh petugas balai.

Tujuan dari hal tersebut adalah untuk menghindari perburuan badak bercula satu dari para pemburu liar yang mengincar culanya. Tidak hanya badak bercula satu, Anda juga bisa menemukan beragam spesies flora dan fauna yang sudah langka apabila beruntung.

Selain itu, ketika mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon Anda juga bisa menikmati keindahan alam dan hutan yang masih sangat asri.

3. Memiliki Tiga Ekosistem

Fakta menarik Taman Nasional Ujung Kulon yang selanjutnya adalah memiliki tiga ekosistem. Taman Nasional Ujung Kulon ini memiliki tiga ekosistem yang terdiri dari, daratan, rawa dan perairan laut.

Hal tersebut yang membuat banyak spesies flora dan fauna hidup di Taman Nasional Ujung Kulon ini. Di taman nasional ini, sedikitnya terdapat 700 jenis tumbuhan yang bisa Anda temukan.

Bahkan, 57 diantaranya merupakan jenis tumbuhan yang langka. Seperti merbau, palahlar, bungur, cerlang, ki hujan da berbagai jenis anggrek. Sementara itu, taman nasional ini juga menjadi tempat hidup berbagai jenis fauna.

Terdiri dari 35 jenis mamalia, 5 jenis primata, 59 jenis reptilia, 22 jenis amfibia, 240 jenis burung, 72 jenis insekta, 142 jenis ikan dan 33 jenis terumbu karang. Selain badak bercula satu, di Taman Nasional Ujung Kulon juga Anda bisa menemukan beberapa hewan lain. Seperti, macam tutul, kucing batu, owa dan lain-lain.

Hal tersebut yang menjadikan Taman Nasional Ujung Kulon ini menjadi surga bagi para peneliti. Tidak hanya dari dalam negeri, para peneliti dari luar negeri pun kerap datang ke kawasan ini untuk melakukan penelitian.

4. Memiliki Beragam Pulau dengan Pantai dan Laut yang Indah

Fakta menarik Taman Nasional Ujung Kulon yang terakhir adalah memiliki beragam pulau, dengan pantai dan laut yang indah. Taman Nasional Ujung Kulon ini, dikelilingi oleh beberapa pulau yang indah. Diantaranya adalah Pulau Peucang, Handeuleum dan Panaitan.

Pulau Peucang menjadi salah satu pulau di kawasan Nasional Ujung Kulon yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan domestik dan internasional. Pulau yang memiliki luas sekitar 450 hektar ini, menyediakan beragam fasilitas dan objek wisata yang bisa Anda datangi dan gunakan.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan di Pulau Peucang ini diantaranya adalah pusat informasi, penginapan, dermaga dan lainnya. Pantai di Pulau Peucang ini memiliki hamparan pasir putih yang luas.

Selain berenang dan menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa berkunjung ke beberapa ojek wisata lain di pulau ini. Diantaranya adalah trekking ke Karang Copong, Snorkling hingga diving.

Ingin menyaksikan hewan liar secara langsung? Cobalah untuk menyeberang menggunakan boat ke Padang Penggembalaan Cidaon selama 15 menit. Di tempat tersebut, Anda bisa menyaksikan aktivitas beberapa hewan liar, seperti banteng, rusa, merak dan babi hutan.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa fakta menarik dari Taman Nasional Ujung Kulon, yang perlu Anda ketahui. Untuk mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon, Anda harus mempersiapkan beberapa perbekalan, peralatan serta kebutuhan lainnya.

Selain itu, Anda juga harus mengurus perizinan (SIMAKSI) dan mematuhi segala peraturan yang ditentukan oleh Balai Taman Nasional untuk menjaga kelestarian lingkungan kawasan tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!***


Sumber : Halojabar

Posting Komentar untuk "Menelisik Fakta Menarik Taman Nasional Ujung Kulon"