Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bos Wagner Prigozhin Dilaporkan Tewas Kecelakaan Pesawat, Diduga Dihabisi Putin

Bos Wagner Prigozhin Dilaporkan Tewas Kecelakaan Pesawat, Diduga Dihabisi Putin


VR NEWS - Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeney Prigozhin dilaporkan menjadi satu dari 10 orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat jet pribadi di Tver, utara Moskow, Rusia, Rabu kemarin.

Pesawat itu dilaporkan ditembak jatuh pasukan Rusia sehingga memicu dugaan bahwa itu adalah operasi pembunuhan atas perintah Presiden Vladimir Putin yang menargetkan Prigozhin.

Pesawat Embraer 135BJ Legacy 600 jatuh saat melakukan perjalanan dari Moskow ke St Petersburg.

Jika miliarder yang juga pemimpin tentara bayaran Wagner itu benar-benar tewas, hal itu akan terjadi tepat dua bulan setelah Wagner Group melakukan kudeta singkat terhadap Kremlin yang menarik perhatian global namun menyebabkan berkurangnya kedudukan militer Prigozhin dan sekutunya dalam kaitannya dengan konflik Rusia-Ukraina.

“Tentara bayaran PMC Wagner akan membalas dendam pada Putin dan [Menteri Pertahanan Rusia Sergei] Shoigu atas kematian pemimpin mereka,” tulis Anton Gerashchenko, penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, di media sosial X.

"Seruan untuk membalas dendam terhadap para pembunuh memenuhi ruang obrolan di saluran Prigozhin. Penegak hukum di dua wilayah telah disiagakan," lanjut dia, seperti dikutip Newsweek, Kamis (24/8/2023).

Dia mengacu pada beberapa pendukung pro-Wagner yang bersumpah secara online untuk melakukan “March on Justice" atau "Pawai Keadilan” kedua yang serupa dengan yang dilakukan pada bulan Juni, untuk mengadvokasi Prigozhin dan orang lain yang berpotensi terbunuh.

“Jika [Prigozhin] benar-benar mati, itu akan membuat Putin terlihat lebih kuat di mata rakyat Rusia,” kata Rebekah Koffler, mantan perwira Badan Intelijen Pertahanan (DIA) dan penulis "Putin's Playbook: Russia's Secret Plan to Defeat America" kepada Newsweek melalui telepon.

Meskipun Putin dan Prigozhin tidak pernah meremehkan satu sama lain sebagai "pengkhianat" setelah upaya pemberontakan Wagner, Koffler mengatakan bahwa media Rusia memuat cerita dengan narasi yang sama tentang bagaimana Putin mengusir para pengkhianat dan muncul sebagai pemenang—sebuah upaya yang disengaja untuk "meningkatkan citranya " menjelang pemilu 17 Maret 2024.

“Jika Prigozhin benar-benar mati, semua orang akan memahami bahwa ini adalah balasan atas pembangkangan, karena mengkritik militer Rusia, dan hal ini mengirimkan sinyal kepada oposisi potensial bahwa Putin akan mengejar dan melenyapkan Anda di mana pun Anda berada—baik Anda berada di Afrika atau di mana pun," katanya.

Rekaman video terbaru Prigozhin mencakup diskusi tentang upaya Wagner Group di Afrika, sebagai bagian dari misi baru yang terpisah dari perang selama 16 bulan di Ukraina.

Mikhail Alexseev, seorang profesor ilmu politik di San Diego State University, mengatakan kepada Newsweek melalui email bahwa dengan asumsi Prigozhin sudah meninggal, hal itu membuat Putin terlihat lebih kuat.

“Tetapi yang belum diketahui adalah apakah dia secara pribadi yang melakukan pembunuhan tersebut atau apakah itu pihak Kementerian Pertahanan, dan bagaimana hal ini mungkin terkait dengan kepentingan swasta di petinggi Kremlin yang mungkin memandang kelompok Wagner sebagai aset yang menguntungkan dan memutuskan untuk melakukan hal yang memanfaatkan situasi ini untuk mengambil alih kekuasaan dari Prigozhin,” kata Alexseev.

“Namun, masih sulit membayangkan bagaimana kepentingan-kepentingan tersebut dapat berjalan tanpa rasa hormat kepada Putin.”

Dmitry Gorenburg, seorang ilmuwan peneliti senior di Center for Naval Analysis, mengatakan kepada Newsweek melalui telepon bahwa pembunuhan Prigozhin oleh pasukan Rusia dapat dipandang sebagai pesan bagi pihak lain untuk tidak menentang dia dan Kremlin di masa depan.

“Di satu sisi, hal ini dapat dilihat sebagai sinyal peringatan bahwa orang-orang yang menentang Putin atau para pemimpin senior akan menemui nasib buruk—sehingga hal ini mungkin menjadi cara untuk memperkuat keengganan orang-orang untuk menentangnya,” kata Gorenburg.

Menurutnya, para warga Rusia secara teoritis dapat mendukung Prigozhin dan Wagner jika terlihat jelas bahwa pemerintah Rusia bertindak sembarangan dan tanpa kepura-puraan, berdasarkan negosiasi yang ditengahi setelah upaya kudeta. Tapi kecil kemungkinannya pemerintah mengakuinya.

Anders Åslund, seorang mantan senior fellow di Eurasia Center di Atlantic Council, menulis di X bahwa laporan kematian Prigozhin bukanlah hal yang mengejutkan.

"Apakah [Prigozhin] dibunuh? Kemungkinan besar. Siapa yang melakukannya? Jelas Putin," tulis Aslund.

"Apakah hal ini memperkuat kekuatan Putin? Mungkin, hal ini membuatnya semakin ditakuti. Namun hal ini memberi tahu Anda bahwa Putin mungkin telah membunuh banyak orang."

Koffler mencurigai Prigozhin dibunuh karena ketidakpastian laporan yang keluar dari Rusia, terutama dari media pemerintah.

Dia mengatakan kematiannya, jika dikonfirmasi, merupakan akibat dari operasi pembunuhan yang dilakukan atas perintah Putin—disebut oleh orang Rusia sebagai "Perbuatan Basah" yang mencakup pembunuhan misterius lainnya yang di masa lalu termasuk peracunan dan orang-orang yang diusir dari jendela.

Namun jika Prigozhin masih hidup, dia akan menganggap ini sebagai operasi "double false flag" karena kebohongan Rusia tentang sesuatu yang “ingin dipercayai” oleh Barat.

Waktunya juga tidak biasa, katanya, karena berita bocor beberapa jam sebelum debat bakal calon presiden pertama Partai Republik Amerika Serikat yang ditayangkan pada Rabu malam.

“Kedua belah pihak (Rusia dan AS) cenderung memiliki pandangan dunia masing-masing,” katanya. “Pandangan dunia orang Rusia adalah bahwa pemimpinnya kuat; mereka menyukai seseorang yang bertipe pembunuh karena itulah tipe orang yang membuat negaranya kuat, sama seperti Ivan the Terrible, [Joseph] Stalin, apa pun itu."

“Rakyat Amerika cenderung memiliki bias mereka sendiri, terutama kelompok mapan karena mereka menyebarkan narasi betapa Putin lemah; dia akan mati karena penyakit ini atau penyakit itu. Dan terjadi kudeta meskipun warga Rusia mendukung Putin 80 persen," paparnya.

"Jadi, semua orang percaya pada propaganda mereka sendiri."


Sumber : Gelora

Posting Komentar untuk "Bos Wagner Prigozhin Dilaporkan Tewas Kecelakaan Pesawat, Diduga Dihabisi Putin"