Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bos Lion Air hingga Mantu Pakde Karwo Berebut Kursi DPR RI Dapil Jatim VIII

Bos Lion Air hingga Mantu Pakde Karwo Berebut Kursi DPR RI Dapil Jatim VIII


VR NEWS - Pertarungan untuk merebutkan 10 kursi DPR RI dari Dapil Jawa Timur VIII diprediksi akan alot. Sejumlah nama tenar mulai politikus, pengusaha, anak kiai, hingga eks bupati akan bertarung menduduki kursi Senayan.

Dapil Jatim VIII meliputi Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kota Madiun.

Pada Pileg 2019 lalu, dari 10 kursi, PDI Perjuangan (PDIP) dan PKB masing-masing meraih 2 kursi. Sisa 6 kursi lainnya terbagi rata ke Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PPP, dan NasDem.

Pada Pileg 2024 kali ini, berdasar data daftar calon sementara (DCS) yang diumumkan KPU RI, 8 dari 10 petahana kembali maju.

Yakni dari PDIP ada nama Sadarestuwati. Kemudian dari PKB Muhtarom yang merupakan eks Bupati Madiun kembali maju.

Lalu dari Gerindra Bimantoro Wiyono kembali maju. Yahya Zaini dari Partai Golkar juga kembali maju. Kemudian anak Bupati Jombang Mundjidah Wahab yakni Ema Umiyyatul Chusnah dari PPP kembali maju.

Nama-nama petahana lainnya yakni Soehartono dari NasDem, Abdul Hakim Bafagih dari PAN, dan Guntur Sasono dari Partai Demokrat juga kembali maju.

Sejumlah nama-nama baru, baik dari sesama partai maupun partai lain akan berebut 10 kursi DPR RI dari Dapil Jatim VIII.

Dari PKB, Bos Lion Air Rusdi Kirana. PKB juga memasang Menteri Desa PDTT yang juga Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar.

Di Partai Gerindra, ada nama cucu pendiri NU KH Hasyim Asyari yakni M Irfan Yusuf (Gus Irfan) yang dipasang sebagai caleg nomor urut 1.

PDIP mencalegkan putra Eros Djarot yakni Banyu Biru Djarot di nomor urut 2. Ada juga nama politikus gaek PDIP Jatim Saleh Ismail Mukadar yang maju dari Dapil Jatim VIII.

Kemudian Partai Golkar menempatkan menantu Gubernur Jawa Timur 2009-2019 Soekarwo yakni Bayu Airlangga. Bayu merupakan mantan anggota DPRD Jatim 2019-2022.

Golkar juga memasang politikus gaek juga mantan anggota DPR RI 2014-2019 M Suryo Alam. Partai Beringin juga memasang mantan Ketua Ansor Jatim Shoalhul Am Notobuwono.

Kemudian Partai NasDem memasang putra Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah yang juga Ketua PERGUNU KH Asep Saifuddin Chalim yakni M Habibur Rochman. Pada Pileg 2019 lalu, Habibur Rochman gagal melangkah ke Senayan dari Dapil Jatim I melalui PPP.

NasDem juga memasang dua caleg yang pernah terpilih di DPR RI yakni Dossy Iskandar Prasetyo dan Eva Kusuma Sundari.

Dossy merupakan Anggota DPR RI 2014-2019 dari Hanura, sementara Eva Kusuma merupakan Anggota DPR RI dari PDIP pada 2005 hingga 2019.

Lalu PKS mencalonkan cucu pendiri NU KH Wahab Chasbullah yakni Agus Solachul Aam Wahib.

Sementara Perindo mencalonkan aktivis 1998 yang juga mantan kader Partai Demokrat Boyke Novrizon.

Sumber : Detik 

Posting Komentar untuk "Bos Lion Air hingga Mantu Pakde Karwo Berebut Kursi DPR RI Dapil Jatim VIII"