Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung Mau Kuliah Jurusan Apa? Ilmu Komunikasi Aja!!


TENTANG ILMU KOMUNIKASI


NEWS.VRINFORMATIONS.COM - Ilmu komunikasi adalah jurusan yang cukup populer di Indonesia dan juga di luar negeri. Hal ini disebabkan karena komunikasi sendiri adalah bidang yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga selalu dibutuhkan dan sangat berkembang. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan ilmu komunikasi, berikut adalah beberapa hal yang wajib kamu ketahui. 




APA ITU KOMUNIKASI?


Komunikasi adalah proses penyampaian informasi baik berupa pesan, ide, atau gagasan dari yang terjadi antara dua pihak. Komunikasi memiliki banyak tingkatan, mulai dari komunikasi individu, antar individu, komunitas hingga antar komunitas. Ada banyak bidang yang juga memiliki hubungan erat dengan komunikasi seperti media, seni, politik, dan lain-lain.  


Jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan yang mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan. Mahasiswa ilmu komunikasi akan mempelajari tentang bagaimana proses komunikasi lebih efektif dalam menyampaikan pesan sehingga dapat dengan tepat mencapai sasaran. Hal ini akan membuat perkuliahan di jurusan ini memiliki banyak kegiatan praktik. 


MATA KULIAH YANG AKAN KAMU PELAJARI!


Pada tahun awal perkuliahan di jurusan ilmu komunikasi, kamu akan mempelajari mata kuliah komunikasi yang lebih general. Misalnya, Pengantar Ilmu Komunikasi, Psikologi Komunitas, Sosiologi Komunikasi dan sebagainya. Semua mata kuliah tersebut akan menjadi dasar pemahamanmu untuk melanjutkan ke tingkat selanjutnya. 


Selanjutnya, kamu akan mempelajari pembahasan yang lebih khusus dan menjurus pada tingkat selanjutnya yaitu tahun kedua. Kamu biasanya sudah harus memilih fokus studi terhadap beberapa bidang-bidang turunan ilmu komunikasi. Seperti Penyiaran (Broadcasting), Jurnalistik, Periklanan (advertising), Hubungan Masyarakat (Public Relation) dan lain-lain. Fokus studi yang bisa kamu pilih ini biasanya akan sangat berbeda-beda tergantung universitas. 





PROSPEK KERJA


Ilmu komunikasi adalah jurusan yang memiliki prospek kerja yang luas dan selalu dibutuhkan. Apalagi dengan semakin berkembang pesatnya media informas, baik di Indonesia maupun di dunia. Bisa dikatakan bahwa media adalah peluang terbesar untuk lulusan ilmu komunikasi, baik itu media cetak, penyiaran maupun media online. 


Baik perusahaan swasta, maupun perusahaan pemerintah pasti membutuhkan lulusan ilmu komunikasi. Selain itu, kamu juga dapat bekerja di berbagai bidang bisnis untuk mengisi bagian humas (hubungan masyarakat), karena memang selalu dibutuhkan. Jika kamu mahir berbahasa Inggris, kesempatanmu untuk berkarir di perusahaan multinasional juga terbuka lebar. 

Posting Komentar untuk "Bingung Mau Kuliah Jurusan Apa? Ilmu Komunikasi Aja!!"